Welcome to Bahari Note - Selamat Datang di Bahari Note - Sugeng Rawung Ing Bahari Note

Aug 24, 2016

MAIL MERGE Langkah mudah membuat Mail Merge di Ms Office Word Windows 2010


Penggunaan mail merge adalah untuk memudahkan kita menghubungkan banyaknya data pada daftar yang berkelompok untuk dapat dipisahkan datanya secara individual pada tiap tayangan atau cetakan.

Membuat mail merge antara data dengan lay outnya di Microsoft Office Word Windows 2010 mungkin tidak terlalu berbeda jauh dari yang sebelumnya. Dalam petunjuk kali ini kita akan menggunakan contoh pembuatan label undangan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.      Pembuatan daftar data yang kita butuhkan di Ms. Excell
Langkah awal ialah membuat daftar yang akan kita mail mergekan. Dalam contoh kali ini ialah data untuk tulisan pada label nama undangan.
Contoh: Daftar Undangan Nikah Agus & Susanti

  • Siapkan folder khusus penyimpanan dengan nama : Contoh Mail merge di file exprorer 
gambar 1. aablogbahari
  • Buka Ms. Excell
  • Tulis daftar undangan yang dibutuhkan, contoh:

gambar 2. aablogbahari
 *Sebaiknya tanpa judul apapun, langsung saja membuat baris header lalu baris isi dst
  • Simpan daftar dengan nama Daftar Undangan Nikah Agus & Susanti
  • Tutup terlebih dahulu file excel

2.      Menyetting label harga di Ms. Word
  • Buka Ms. Word
  • Klik Mailings
  • Pilih Start Mail Merge

gambar 3.aablogbahari
  • Pilih Labels
*Kertas labels undangan yang kita gunakan secara umum kertas berukuran 20x13,3 cm dan berisi 12 label (4barisx3kolom)

gambar 4. aablogbahari


  •  Jika tampilan baris pada layar Ms. Word seperti tidak lengkap, coba Anda besar kecilkan zoom tampilan kertas Ms. Word yaitu tombol dan + pada bagian kanan bawah
  • Lalu Klik Select Recipient
  • Pilih Use Exiting List
  • Cari file Daftar Undangan Agus & Susanti

gambar 5. aablogbahari
  • Klik Open
  • Lalu Klik Insert Merge Field, dan urutkan mulai dari NAMA (enter) JABATAN (enter ) ALAMAT
gambar 6. aablogbahari
  • Blok dan atur agar rata tengah/ Center text (Ctrl+E)
  • Klik tombol Preview Result
gambar 7. aablogbahari
  • Lalu pilih Update Labels
gambar 8. aablogbahari
  • Coba Anda blok Ali Murdoko lalu beri garis bawah/ under line (Ctrl+U), perbesar huruf menjadi 14 (tekan Ctrl+Shift+>)
  • Lalu jabatannya, Guru SD Contoh 1  dan buat miring/ italic (Ctrl+I)
  • Dan kembali anda pilih Update Labels agar semua isi label mengikuti.
  • Save/ Simpan label anda dengan nama label undangan satu folder dengan data di excel, sebaiknya jangan dicampur data lain.
Catatan:
·  Anda bisa memodifikasi tulisan baik jenis tulisan, memperbesar, mewarnai sesuai keinginan.
· Untuk mengecek nama lainnya Anda bisa meng-klik tombol kanan dan kiri disamping Preview Result

Selanjutnya tutup Ms. Word label undangan atau langsung ke langkah mencetak/ Print.

3.      Mengedit / membuka kembali data mail merge
Apabila ada nama atau data yang salah pada daftar undangan, maka terlebih dahulu anda buka daftarnya di Ms. excel. Karena jika anda membuka terlebih dahulu label undangan di Ms. Word maka akan terjadi peringatan seperti berikut :
gambar 9. aablogbahari

So langkahnya adalah sebagai berikut:
  •  Buka file Ms. Excel Daftar Undangan Agus & Susanti
  • Edit data yang diperlukan
  • Atau Anda bisa menambah daftar NAMA, menambah kolom, atau misal merubah JABATAN menjadi tulisan PEKERJAAN
  • Selesai meng-edit buka file Ms. Word label undangan
  • Akan muncul kotak dialog :

gambar 10. aablogbahari

  • Pilih Yes
  • Dan akan tertera peringatan error pada label, anda klik saja pilihan kanan dan kiri memilah daftar label
gambar 11. aablogbahari
  • Akan muncul kotak dialog Invalid Merge Field seperti di atas
  • Ganti dulu isian NO dengan PEKERJAAN
  • Lalu klik Remove Field dan seterusnya.
  • Agar mempercepat maka klik saja Update Labels

4.      Mencetak mail merge label undangan / Print
Setelah dirasa cukup dan Anda akan mencetak label tersebut, maka langkah berikutnya ialah :
-          Pertama letakkan kertas label yang sesuai *baca di awal dengan posisi landskape/tidur di printer (Canon) Anda. *mungkin berbeda pada merk printer lain
  •  Klik Finish Merge, lalu Edit Individual Documents
gambar 12. aablogbahari

  • Akan muncul kotak dialog :
gambar 13. aablogbahari

  • Klik All  lalu OK
  • Atau sesuai jumlah daftar yang anda tulis, misal ada 200 nama maka pada isia From isi 1 dan to 205, karena kita mulai pada baris ketiga di Ms. Excell dan mungkin ada baris lain yang Anda tambah
  • Akan muncul Ms. Word baru dengan judul Labels 1 dan seluruh daftar nama yang telah anda buat di Ms. Excell
  • Di sini anda bisa mengecek nama-per nama dan data lainnya
  • Klik Print
  • Atur pencetakan sesuai mesin printer yang anda gunakan

5.      Mengganti mail merge dengan data lain yang sejenis (undangan lain)
Anda bisa menggunakan file Ms. Word label undangan yang sudah dibuat ini untuk daftar undangan orang lain. Tinggal Anda buat daftar undangan baru sesuai petunjuk awal lalu disimpan satu folder dengan label undangan yang sudah dibuat.

Hanya saja setelah data baru di Ms. Excell dibuat lalu Anda buka file Ms. Word label undangan seperti langkah sebelumnya
  • Pilih menu Select Recipient List
  • lalu Use Exiting List
  • pilih file yang baru di tempat anda menyimpannya.
Langkah-langkah berikutnya sesuai dengan petunjuk di atas hingga proses pencetakan.

Itulah cara/langkah yang dapat digunakan untuk menggunakan menu Mail Merge di Ms. Office Word 2010. Saya tulis berdasarkan apa yang sering saya gunakan untuk membuat label undangan pesanan. Semoga sedikit ilmu yang saya bagikan ini bermanfaat untuk Anda para pembaca dan dapat menjadi pilihan cara yang mudah digunakan.

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR DAN PENDAPAT ANDA AGAR TULISAN INI LEBIH MUDAH DIMENGERTI ATAU MUNGKIN ADA LANGKAH BERBEDA YANG ANDA GUNAKAN.

aatypers@bahariblog

1 comment: