Welcome to Bahari Note - Selamat Datang di Bahari Note - Sugeng Rawung Ing Bahari Note

Apr 14, 2016

Tips sehat bagi penderita gejala anemia




TIPS SEHAT
ANEMIA

Beberapa orang mungkin mengalami gejala seperti lesu, mudah lelah, muka-mata-warna kulit pucat, kadang berkunang-kunang/ pusing, tubuh terasa berat untuk beraktifitas. Itu mungkin disebabkan gangguan anemia pada tubuh yang mungkin disebabkan oleh rendahnya tensi darah atau Hb seseorang.


 

Penderita anemia secara umum yang mengalami kekurangan zat besi dianjurkan untuk meminum suplemen penambah darah/ zat besi dan mencukupi kebutuhan makanan yang mengandung banyak zat besi. Beberapa makanan yang sering dianjurkan oleh orang di masyarakat kita antara lain:
·         Daging merah
Dengan menkonsumsi daging merah dari ayam, kambing, sapi atau dari hewan lainnya bisa turut memenuhi asupan zat besi bagi tubuh manusia. Beberapa orang ada yang suka mengkonsumsinya dengan disate, ada pula yang dimasak sesuai selera.
·         Ikan air tawar
Ikan air tawar yang masih segar juga bisa turut memenuhi kebutuhan zat besi dan protein bagi tubuh manusia.
Daging dan ikan sebaiknya dimasak sampai matang dan usahakan untuk memilih bahan yang segar untuk mengoptimalkan adanya kandungan zat besi di dalamnya.
·         Kacang Hijau
Selain dengan mengambil sari-sari kacang hijau dari air rebusannya, bisa juga dengan menambahkan beberapa bahan lain seperti :
-       Kencur
-       Daun sereh
-       Jahe
-       Gula merah
Lalu dimasak sampai mendidih sampai kacang hijau pecah dan bisa dikonsumsi pada saat hangat dengan rasa yang lebih nikmat. Ini juga menjadi alternatif pilihan bagi orang yang menghindari untuk mengkonsumsi santan yang biasanya sering digunakan orang untuk memasak kacang hijau.
·         Pucuk daun ubi jalar ungu
Pucung daun ubi jalar ungu atau lung (jawa) juga dipercaya masyarakat di daerah jawa bisa membantu kesehatan bagi penderita gejala anemia. Secara umum ada beberapa orang yang suka mengkonsumsinya dengan mencampurkannya pada masakan sayur bening dan ada pula yang menganjurkannya digunakan untuk membuat minuman:
-       2 pucung daun ubi jalar ungu, segar
-       cuci  sampai bersih
-       taruh kedalam gelas, lalu siram air panas
-       tambahkan 1 sendok madu
-       minum 1/3 gelas untuk pagi, 1/3 gelas untuk siang dan 1/3 gelas untuk malam harinya.
·         Madu kurma/ sari kurma
Sari buah kurma atau madu kurma juga dipercaya dan dianjurkan bagi penderita gejala anemia untuk menambah kesehatannya. Secara umum madu kurma adalah sebutan untuk minuman dari sari buah kurma yang sudah diproses sedemikian rupa sehingga bisa diambil manfaatnya lebih optimal. Tetapi ada pula yang memang ada beberapa produsen yang menambahkan madu lebah ke dalam sari buah kurma tersebut atau malah memang madu murni yang diternakkan disekitar kebun kurma.

Dari beberapa contoh di atas tentunya masih banyak makanan atau minuman lain yang memiliki kandungan obat bagi manusia yang tentunya sudah ada yang terbukti secara pribadi pada diri seseorang, terbukti secara medis atau terbukti menjadi anjuran pada suatu masyarakat. Dari kesemuanya itu tentulah bijak kita untuk selalu berikhtiar selalu memakan makanan dan memilih minuman yang baik lalu mengolahnya dengan baik sehingga menjadikan kebaikan pula bagi kita dan keluarga kita. Jika kita sudah berikhtiar dengan segala apa yang baik yang disediakan oleh Allah SWT dan dengan ridho yang diberikan-NYA atas do’a yang kita selalu panjatkan tentunya semoga kita akan diberikan kebaikan kesehatan.

No comments:

Post a Comment